Arsitektur

Arsitektur Jepang yang menjadi pusat perhatian

Yang satu merupakan bangunan kayu yang dibangun sekitar 1,400 tahun yang lalu. Dan yang lainnya merupakan bangunan beton berkerangka besi yang baru dibangun 1 tahun yang lalu. Keduanya adalah karya-karya arsitektur yang luar biasa, yang menjadi kebanggaan Jepang.

Arsitektur


architecture

Di mana bangunan kayu tertua di dunia, dan dimana yang terbesar? Ya, keduanya berada di Jepang. Bangunan kayu yang tertua adalah Kuil Horyuji (dibangun pada tahun 607) dan yang terbesar adalah Kuil Todaiji (yang masih tersisa, dibangun kembali pada tahun 1709, dengan ketinggian 57 meter). Bangunan Buddha di Jepang telah mengembangkan dan memelihara corak-corak arsitektur Jepang yang murni, meskipun telah lama mendapat pengaruh kuat dari Cina. Anda akan menemukan sejumlah bangunan tradisional yang luar biasa di seluruh Jepang, termasuk yang berada di ibukota kuno, Nara, Kyoto dan Kamakura.

architecture

Sejak akhir abad ke-16 hingga abad ke-17, penguasa feodal di Jepang saling berlomba membangun benteng yang megah untuk menunjukkan kekuatan mereka. Yang paling terkenal di antara benteng-benteng tersebut adalah Benteng Himeji yang anggun. Namun, bangunan tradisional bukanlah satu-satunya bangunan yang mewakili keunggulan arsitektur Jepang. Arsitektur barat modern telah memberikan pengaruh besar ke Jepang sejak akhir abad ke-19. Perlu dicatat bahwa sejak dahulu masyarakat Jepang menganggap suatu bangunan itu indah hanya jika bangunan-bangunan tersebut memiliki harmoni dengan lingkungan alam sekitarnya.

architecture

Desain dan material yang ekspresif di masa kini mungkin berbeda dari yang digunakan di masa lalu, tetapi tradisi yang menekankan keharmonisan dengan alam masih berlanjut dan terkandung dalam banyak mahakarya arsitek Jepang kontemporer. Arsitektur Jepang kontemporer disebut-sebut penuh keaslian, dan dapat menjadi begitu menarik hingga Anda dapat menyebutnya “produk eksperimen yang sedang berjalan.” Bandingkan arsitektur Jepang yang lama dan baru. Anda akan mendapatkan kejutan besar dan kesan yang tiada habisnya.

  • Awaji Yumebutai Dengan tema “Kreasi hutan rumah kami yang hilang,” Awaji Yumebutai didesain oleh Tadao Ando, seorang arsitek Jepang kontemporer yang ternama.
  • Naoshima Contemporary Art Museum (Museum Seni Kontemporer Naoshima) Museum seni modern ini dibangun di sebuah bukit di Pulau Naoshima. Bangunan ini juga didesain oleh Tadao Ando.
  • Tokyo Metropolitan Government (Kantor Pemerintahan Tokyo) Bangunan berupa menara kembar ini menjulang tinggi di daerah Shinjuku, Tokyo. Didesain oleh Kenzo Tange.
  • Benteng Himeji Benteng yang mendapat sebutan “Benteng Burung Kuntul Putih” ini ditunjuk sebagai Kekayaan Nasional dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia.
  • Kuil Horyuji Kuil Buddha tertua yang masih tersisa di Jepang, dan bangunan kayu tertua di dunia. Terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia.
  • SKYTREE TOKYO Pada bulan Mei 2012, SKYTREE TOKYO dibuka sebagai menara baja mandiri yang tertinggi di dunia dengan ketinggian 634m. SKYTREE TOKYO menyediakan fasilitas perbelanjaan bernama “Solamachi Tokyo” dan akuarium yang menjadi sebuah tujuan wisata popular.

Tautan yang berguna