Kebudayaan Jepang

Mencoba kebudayaan Jepang

Di Jepang terdapat berbagai kebudayaan tradisional. Mari menikmati dan mencoba kebudayaan khas Jepang!

Kebudayaan Jepang


Seni pertunjukan yang terkenal di Jepang adalah kabuki, noh, kyogen, bunraku, dan rakugo. Kabuki dimainkan hanya oleh pria. Para penonton dapat menyaksikan kostum yang mencolok dan pose khusus yang disebut “mie”. Teater khusus kabuki yang disebut Kabukiza merupakan puncak keindahan arsitektur Jepang.

nou

Noh dan kyogen dimainkan di atas panggung khusus berbentuk L yang disebut Panggung Noh. Noh dipertunjukkan menggunakan topeng noh yang disebut “Noumen” dan kyogen yang merupakan turunan noh merupakan pertunjukan yang mampu mengundang banyak tawa.

bunraku

Pertunjukan boneka Jepang yang disebut bunraku merupakan wayang kulit versi Jepang. Bunraku amatlah khas dan tidak ditemukan di tempat lain, yakni masing-masing boneka berukuran 120-150 cm digerakkan oleh 3 orang.
Selain itu, rakugo yang merupakan pertunjukan oleh seorang penampil dengan mengetengahkan keahlian bercerita dan gerakan pun tak kalah populer. Rakugo sering dipertunjukkan bersama dengan akrobat, sulap, dll.

Mari mencoba kebudayaan tradisional

Di Jepang, terdapat kebudayaan tradisional yang disebut “dou/do” (artinya “jalan”). Ada kadou yang merupakan seni merangkai bunga, sadou yang menitikberatkan keindahan gerakan melalui etiket, koudou yang memungkinkan kita menikmati bau harum, shodou yang mengetengahkan keindahan huruf menggunakan kuas dan tinta, dan berbagai seni bela diri seperti judo yang termasuk dalam cabang olahraga, kendo, karatedo, aikido, dan kyudo (seni memanah). Baik seni bela diri maupun jalan seni bukanlah sekadar persaingan kekuatan atau keahlian, melainkan juga merupakan budaya khas Jepang yang menuntut keindahan gerakan dan spiritualitas. Selain itu, “dou” tidak memiliki titik akhir, melainkan sesuatu yang terus ditekuni seumur hidup. Menggembleng juga merupakan karakteristik “dou”.

  • Teater Kabukiza Teater Kabukiza yang baru dibuka kembali pada bulan April 2013 merupakan perpaduan keindahan gaya tradisional dan teknik arsitektur terbaru.
  • Mencoba menjadi ninja Ninja merupakan sosok misterius di Jepang. Di kehidupan modern Jepang kini bukanlah hal mudah untuk bertemu ninja. Akan tetapi, Anda dapat menonton pertunjukan ninja, mencoba senjata rahasia ninja "shuriken", dan mencoba kostum ninja. Silakan lihat tautan di bawah ini.
  • Maiko Di daerah Gion di Kyoto, banyak ditemukan gadis muda yang menguasai seni tradisional Jepang yang disebut maiko. Anda dapat menyaksikan kecantikan tradisional Jepang dalam bentuk riasan wajah berwarna putih, rambut gaya Jepang, dan kimono.
  • Mencoba kimono Terdapat berbagai macam kimono yang merupakan pakaian tradisional Jepang, mulai dari yang dijual dengan harga beberapa ribu yen hingga yang amat mahal, yakni lebih dari satu juta yen. Di Jepang dapat ditemukan tempat-tempat persewaan kimono dan yukata (kimono sederhana untuk musim panas).

Tautan yang berguna

Situs luar