Makan di Luar

Menikmati Makanan Jepang

Makanan dengan segala jenis dan dari setiap negara, merupakan salah satu kenikmatan hidup yang luar biasa di Jepang. Jepang tidak hanya telah mengembangkan hidangan luar biasa dunia yang menggelitik lidah, yang bervariasi dari kenikmatan berkelas “sashimi” hingga mie-nya yang sederhana, beberapa chef kelas dunia yang terbaik pun datang ke Jepang untuk memasak bagi para pecinta kuliner yang pemilih. Terutama Tokyo, sesuai dengan statusnya sebagai salah satu pusat keuangan dan bisnis global, merupakan tuan rumah bagi begitu banyak cita rasa dan tekstur makanan.


Makanan secara Umum

Untuk memulai menggali ragam kuliner Jepang yang luas, berjalan-jalanlah di sekitar stasiun kereta api manapun. Tempat makan dan minum yang berkonsentrasi di sini tentunya mewakili masakan domestik kebanyakan, dengan harga yang umumnya cukup terjangkau. Untuk pengunjung yang tidak dapat berbahasa Jepang, beberapa restoran memajang replika plastik dan lilin hidangan mereka di jendela depan, atau menyediakan menu dengan foto berwarna.

Tempat bagus lainnya untuk menemukan makanan dengan harga terjangkau adalah di department store besar yang sering menyediakan seluruh lantai atas atau basement-nya untuk berbagai restoran. Beberapa restoran dengan harga murah meminta pengunjung untuk membeli kupon untuk setiap hidangannya, baik itu di counter kasir atau mesin penjualan. Sedangkan pemberian tip tidak dilakukan di Jepang.

Hidangan Jepang

Hidangan Jepang yang pernah dikenal di negara- negara barat entah dalam bentuk “sukiyaki” atau yang lebih eksotis “sushi,” beberapa tahun belakangan ini telah semakin dikenal dan disukai di seluruh dunia. Banyak pengunjung Jepang sudah pernah mencicipi kenikmatan ikan mentah dan udang goreng tepungnya. Tetapi beberapa pengunjung yang pertama kali datang ke Jepang telah menantikan keragaman dan kemewahan makanannya yang dipersiapkan secara tradisional. Makan di Jepang merupakan pengalaman yang akan Anda nikmati dan ingat seumur hidup.

Sukiyaki

Sukiyaki disiapkan tepat di atas meja dengan memasak irisan tipis daging sapi bersama dengan berbagai sayuran, tahu dan mie yang berbentuk seperti soun.

Tempura

Tempura makanan yang di goreng dengan minyak goreng yang banyak, setelah dilapisi dengan campuran telur, air, dan tepung terigu. Di antara bahan-bahan yang digunakan adalah udang, ikan yang sedang musimnya dan sayur-sayuran.

Sushi

Sushi adalah sepotong kecil makanan laut mentah yang diletakkan di segumpal nasi yang telah diberi cuka. Bahan-bahan yang paling umum digunakan adalah tuna, cumi-cumi dan udang. Mentimun, asinan lobak dan dadar telur manis juga dihidangkan.

Sashimi

Sashimi adalah irisan ikan mentah yang dimakan dengan shoyu (sejenis kecap asin).

Kaiseki Ryori

Kaiseki Ryori dianggap sebagai hidangan paling berkelas di Jepang. Hidangan ini sebagaian besar terdiri dari sayur-sayuran dan ikan dengan rumput laut dan jamur sebagai bumbu dasarnya dan dicirikan dengan cita rasa yang tinggi.

Yakitori

Yakitori terbuat dari potongan kecil daging ayam, hati dan sayur-sayuran yang ditusukkan ke sebuah tusukan bambu dan dibakar di atas arang.

Shabu-shabu

Shabu-shabu adalah irisan daging yang lembut dan tipis yang dipegang dengan sumpit dan diayun- ayunkan di dalam air mendidih, dan kemudian dicelupkan ke dalam saus sebelum dimakan.

Soba dan Udon

Soba dan Udon adalah 2 jenis mie Jepang. Soba dibuat dari sejenis tepung gandum dan Udon dari tepung terigu. Keduanya dihidangkan dengan air kaldu atau dicelupkan ke saus, dan tersedia dalam ratusan variasi yang nikmat.