Untuk Agen Perjalanan dan Media    

  Statistik Wisata    

   
17.07.2017
Pengumuman Kompetisi Proposal Sejumlah Proyek JNTO untuk Tahun Fiskal 2017
INFORMASI TAMBAHAN


Tips bagi Wisatawan dengan Anggaran Terbatas

Menginformasikan cara yang menguntungkan Anda seperti tiket terusan (free-pass) dan Diskon, dll.


Transportasi

Kereta

Japan Rail Pass dari JR menawarkan nilai lebih dan kenyamanan bagi wisatawan asing yang berkeliling Jepang. Yang sangat direkomendasikan adalah “Japan Rail Pass 7 Day.” Dengan harga yang kira-kira setara dengan harga tiket pulang-pergi Shinkansen super express antara Tokyo dan Kyoto, pembawa kartu ini dapat melakukan perjalanan tanpa batas dengan kereta api JR ke seluruh Jepang selama 7 hari.

Sementara itu, di pusat-pusat populasi besar seperti Tokyo dan Osaka, terdapat “1-day Pass” dan tiket-tiket-tiket hemat yang serupa. Tiket-tiket ini memberikan transportasi lokal yang ada di dalam sistem utama transportasi dalam kota wilayah tersebut, tanpa batas untuk jangka waktu tertentu. Dengan menghilangkan kerepotan membeli tiket berkali-kali, menggunakan tiket seperti ini sangat praktis bagi wisatawan yang ingin berpindah-pindah di dalam wilayah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.


DI TOKYO

“Tokyo Free Kippu” : ¥1,580 untuk dewasa
Tiket ini memberikan perjalanan tak terbatas untuk 1 hari dengan kereta api JR di dalam wilayah kota Tokyo saja, dan juga subway Tokyo Metro, subway Toei (metropolitan), Toden (jasa trem metropolitan), dan Tobasu (jasa bus metropolitan)

“Tokunai Pass” : ¥730 untuk dewasa
Tiket ini memberikan perjalanan tak terbatas untuk 1 hari dengan kereta api JR di dalam wilayah kota Tokyo saja.

Tokyo Metro “One-Day Open Ticket” : ¥710 untuk dewasa
Dengan tiket ini, perjalanan tak terbatas untuk 1 hari dengan kereta api Tokyo Metro dapat dinikmati.

“Tokyo Metro/Toei Chikatetsu Ichinichi Joshaken” : ¥1,000 untuk dewasa
Dengan tiket ini, perjalanan tak terbatas untuk 1 hari dengan subway Tokyo Metro ataupun Toei dapat dinikmati.


DI DALAM WILAYAH KANSAI

“Surutto KANSAI” tiket untuk 2 hari : ¥3,800 untuk dewasa, tiket untuk 3 hari : ¥5,000 untuk dewasa
Tiket ini memberikan perjalanan tak terbatas untuk 2 hari atau 3 hari dengan kereta api dan bus-bus yang dioperasikan oleh 40 perusahaan transportasi swasta dan perusahaan angkutan publik. Keuntungan tambahan juga diberikan, yaitu pemegang tiket dapat menggunakan berbagai fasilitas sepanjang jalur kereta api/bus dengan harga diskon.

Penerbangan



Promosi spesial ANA “Experience Japan Fare” dan JAL “Oneworld Yokoso/Visit Japan Fare” memungkinkan Anda menggunakan ANA atau JAL ke seluruh penjuru Jepang dengan tarif seragam 10.500 yen untuk satu wilayah. Anda perlu memesan sebelumnya, dan Anda juga harus memiliki tiket penerbangan ke Jepang (maskapai penerbangan apapun tidak masalah). Anda dapat memanfaatkan Oneworld Yokoso/Visit Japan Fare maksimal 5 wilayah.

LCC (maskapai bertarif rendah) juga mulai berkembang di Jepang. Dengan jalur penerbangan ke seluruh penjuru Jepang dengan tujuan-tujuan utama Tokyo, Kyushu, Kansai, dan Hokkaido, Anda dapat menggunakan penerbangan dengan tarif yang lebih murah dibandingkan tarif maskapai penerbangan besar. LCC yang beroperasi di Jepang adalah Jetstar, Peach, dan Vanilla Air.

Welcome Card (Culture Card)


Kartu ini disertai buku petunjuk dan diperuntukkan bagi Anda sebagai wisatawan asing yang datang ke Jepang, agar Anda dapat memperoleh diskon dan layanan istimewa di galeri-galeri seni, museum, obyek wisata, tempat perbelanjaan, restoran, sarana akomodasi dan transportasi. Meskipun disebut Welcome Card atau Kartu Selamat Datang, ada juga tempat-tempat dimana Anda dapat memperoleh diskon dengan menunjukkan hasil print halaman website, sebagai ganti kartu ini.

Kartu ini, dalam berbagai variasi, saat ini tersedia di Tokyo (Panduan Museum, Panduan Praktis dan Peta), Tohoku Utara, Narita, Kobe, Kita-Kyushu, dan Fukuoka. Kartu ini tersedia gratis di pusat-pusat informasi lokal di setiap wilayah dan melalui website di bawah ini.

Makan



Sebenarnya, makan di luar tidak selalu “mahal” di Jepang, namun seperti di hampir setiap negara, cenderung sedikit lebih mahal saat melakukan perjalanan. Makan enak dengan harga terjangkau dapat Anda nikmati jika memperhatikan tips-tips berikut ini:

Fokus pada kedai makanan cepat saji yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar stasiun kereta, yang menawarkan makanan murah dengan suasana santai. Kedai-kedai hamburger dan sandwich, tidak ketinggalan, kedai-kedai makanan cepat saji ala Jepang yang khusus menyediakan “gyudon” (nasi dengan tumisan daging dan bawang bombay di atasnya), “tendon” (nasi dengan tempura di atasnya), dan mie soba atau udon. Kedai-kedai makanan cepat saji ini umumnya menawarkan makanan seharga kurang dari ¥500. Bahkan menu-menu makan pagi dengan harga lebih terjangkau tersedia di beberapa kedai.

Kawasan-kawasan perbelanjaan, hiburan dan bisnis penuh dengan restoran yang menawarkan “makan siang di hari kerja” dengan harga terjangkau berkisar ¥600 hingga ¥900. Menu-menu paket, baik itu makanan barat ataupun Jepang, banyak tersedia. Waktu makan siang biasanya mulai sekitar pukul 11.00 hingga pukul 14:00.

Sushi tidak mahal sama sekali, kecuali di beberapa restoran berkelas tinggi. Di kedai “kaiten-zushi” (menyediakan sushi dalam piring kecil berisi beberapa potong sushi, di atas conveyor yang berputar), sushi berharga hanya ¥100 atau lebih per piringnya. Di kedai sushi lainnya, sebuah menu paket sushi berharga sekitar ¥1,500 atau lebih per orangnya. Makan siang sushi dapat dinikmati dengan harga sekitar ¥800 atau lebih.

Bagian basement sebuah department store biasanya berupa lantai khusus makanan yang menawarkan banyak variasi pilihan makanan yang dibawa pulang dan nasi kotak – enak dan juga murah. Pilih satu atau dua, dan nikmati makan siang Anda di taman-taman terdekat.

Berbelanja


“Toko-toko 100 yen” terus bertambah banyak jumlahnya. Beragam pilihan – dari makanan hingga barang kebutuhan sehari-hari – semuanya dijual dengan harga yang seragam, yaitu ¥100. Toko-toko 100 yen dapat ditemukan di dekat stasiun kereta dan di dalam kawasan perbelanjaan. Anda mungkin dapat menemukan suvenir-suvenir kecil di sana seperti peralatan makan Jepang dan barang-barang lain.

Untuk barang-barang elektronik, kawasan Akihabara di Tokyo adalah tempat pertama yang harus Anda kunjungi. Beragam barang elektronik dapat ditemukan di sini. Turun di Stasiun Akihabara, di jalur JR Yamanote, dan Anda akan menemukan toko-toko elektronik yang tak terhitung jumlahnya, termasuk outlet-outlet grosir dan toko-toko suku cadang elektronik, berdiri berdampingan.

Para pengecer Jepang, terutama department store, mengadakan obral murah berskala besar dua kali dalam setahun, menjual produk¬-produk musiman seperti pakaian dan berbagai macam barang dengan harga diskon yang luar biasa. Jika kebetulan berkunjung ke sebuah department store selama periode bargain sale tersebut, Anda akan terkesan dengan angka yang tertera di label harganya, yaitu “diskon 30%” dan “diskon 50%.” Biasanya, musim obral murah terjadi pada bulan Januari dan Juli.



Instagram Latest Photo @jntoid