Untuk Agen Perjalanan dan Media    

  Statistik Wisata    

   
SARANA TRANSPORTASI DI JEPANG


TRANSPORTASI

Jepang memiliki sistem transportasi yang menjadi salah satu yang paling maju di dunia. Jasa perkeretaapiannya saja sudah mencakup hampir semua tempat tujuan yang memungkinkan. Selain itu, terdapat sistem jalan bebas hambatan nasional dan juga jasa penerbangan domestik yang maju. Bus dan taksi tersedia setiap saat di kota-kota, sedangkan kapal ferry menghubungkan Tokyo, Osaka dan Kobe dengan pelabuhan-pelabuhan utama di Hokkaido dan Kyushu.

Selain itu, Jepang menawarkan jasa penerbangan internasional yang komprehensif melalui 2 perusahaan penerbangannya, yaitu Japan Airlines dan All Nippon Airways serta menjadi tuan rumah bagi pesawat penumpang asing yang terbang ke seluruh dunia.


Perusahaan Kereta Api




Perusahaan kereta api Jepang di antaranya Japan Railways (JR) merupakan grup yang terdiri dari 6 perusahaan kereta api yang mencakup seluruh negeri, dan juga berbagai perusahaan yang beroperasi di banyak kota-kota besar. JR sangat dikenal dengan ketepatan waktunya yang luar biasa, dengan kereta api-kereta api yang sangat sibuk beroperasi di Tokyo commuter line-nya, yang berhenti di stasiun-stasiun setiap 1,5 menit selama masa-masa sibuk.

Dan tentu saja, Shinkansen atau “Kereta Api Peluru”nya memberikan perjalanan sangat cepat dan terpercaya ke hampir semua tempat di Jepang. Jaringannya terdiri dari Tokaido Line, Sanyo Line, Kyushu Line, Tohoku Line, Nagano Line, Akita Line, Yamagata Line dan Joetsu Line. Jasa jarak jauh JR di antaranya super express (ekspres super), limited express (ekspres terbatas), express, berth (kereta tidur) dan reserved seat (tempat duduk yang dipesan) dengan biaya yang beragam tergantung dari jarak dan jenis jasanya. Untuk kereta api dalam kota, belilah tiket untuk kereta api lokal di mesin penjualan tiket di setiap stasiun, dan pergilah ke Ticket Reservation Offices (Kantor Pemesanan Tiket) (“Midori-no-madoguchi”) untuk tiket dengan kelas yang berbeda, dan juga untuk perjalanan jarak jauh.


Japan Rail (JR) Pass

Untuk pengunjung, Japan Rail Pass yang dikeluarkan JR menawarkan nilai lebih dan kenyamanan. Rail Pass ini disediakan hanya untuk wisatawan dan harus dibeli di luar Jepang. Ini memberikan pemegangnya perjalanan tak terbatas dengan kereta api JR dan bus-bus yang berafiliasi serta kapal ferry JR Miyajima. (Pass ini tidak dapat digunakan untuk Shinkansen “Nozomi”.)

Untuk info lebih lanjut   :   Selengkapnya   


Keuntungan Tambahan dari Japan Rail Pass

Bagi mereka yang memiliki Japan Rail Pass, JR memberikan diskon istimewa di JR Group Hotel. Jika Anda memperlihatkan Japan Rail Pass Anda saat check-in, Anda akan mendapatkan diskon sekitar 10%.

Untuk info lebih lanjut   :   Selengkapnya   


Regional Japan Rail Passes

Bagi wisatawan regional, JR Pass berikut ini memberikan harga yang terjangkau dan kenyamanan; Hokkaido RAIL PASS untuk Pulau Hokkaido JR EAST PASS untuk Jepang bagian tenggara dari Tokyo kecuali pulao Hokkaido, JR-WEST RAIL PASS untuk Jepang bagian barat dari Bandar Udara Internasional Kansai dan JR-KYUSHU RAIL PASS untuk semua Pulau Kyushu. Pass ini juga memberikan keuntungan tambahan bagi pembelinya.


Penerbangan Domestik


Dengan sekitar 90 bandar udara yang melayani penerbangan domestik dan luar negeri, Jepang sangat nyaman bagi wisatawan yang menggunakan jasa penerbangan.


Transportasi Dalam Kota

Kereta

Subway (kereta api bawah tanah) tersedia di semua kota-kota besar dan memberikan transportasi yang cepat dan efisien. JR Yamanote-sen loop line di Tokyo dan Osaka Kanjo-sen loop line, keduanya mengitari pusat-pusat kota mereka. Di Tokyo, harga tiket JR dimulai dari ¥130, tiket subway ¥160 untuk Tokyo Metro dan ¥170 untuk kereta api Toei (Metropolitan), dan harga keduanya meningkat sesuai dengan jarak yang ditempuh.

Hampir semua stasiun memiliki mesin penjualan tiket dan mesin pemeriksaan tiket otomatis di gerbang masuk/keluarnya.


Bus

Jasa Bus tersedia di semua kota, tetapi terkadang sedikit sulit digunakan bagi pengunjung yang yang tidak dapat berbahasa Jepang


Taksi

Sementara Taksi juga tersedia secara luas dan biasanya dapat mengantarkan penumpang ke alamat yang tertulis dalam bahasa Jepang atau di kartu nama. Jika lampu berwarna merah di sudut kiri bawah kaca depannya menyala, itu berarti taksi tersebut bebas dan dapat dihentikan. Berhati-hati ketika mendekati pintu belakang sebelah kiri: pintu itu dibuka dan ditutup secara otomatis dari dalam oleh pengemudi.

Tautan yang Berguna




Instagram Latest Photo @jntoid