map

Osaka dan Kansai

Kota pusat nomor 2 di Jepang barat yang energik.

Wilayah Kansai telah berkembang menjadi pusat perdagangan di Jepang sejak dahulu kala. Oleh karena itu, saat ini pun Kansai menunjukkan vitalitas dan energinya yang kuat, sehingga menciptakan suasana yang sangat istimewa yang juga menceriakan bagi para pengunjungnya.


Kota budaya dan makanan Osaka

Kota budaya dan makanan Osaka

Osaka, 3 jam menggunakan Shinkansen super express atau 1 jam menggunakan pesawat terbang dari Tokyo, merupakan kota ke-3 terbesar Jepang dan pusat perdagangan dan industri Jepang bagian barat. Berada di mulut Sungai Yodo yang bermuara di Teluk Osaka, Osaka memiliki jaringan kanal yang saling silang di bawah jalan-jalannya yang ramai, yang telah berperan penting dalam kemakmuran kota ini.

Sebagai sebuah kota klasik, kota ini sangat bangga menjadi asal sandiwara boneka Bunraku. Daerah Teluk Osaka wajib dikunjungi, karena merupakan pusat obyek wisata perkotaan yang sedang tren, di antaranya Osaka Aquarium KAIYUKAN dan Universal Studios Japan™, yaitu sebuah taman bermain berbasis Hollywood, dan masih banyak lagi.

Simbol Osaka: Benteng Osaka

Simbol Osaka: Benteng Osaka

Obyek wisata yang mutlak adalah Benteng Osaka, yang pernah menjadi benteng terbesar di Jepang, dibangun pada tahun 1586 oleh Toyotomi Hideyoshi. Benteng bertingkat 5 yang ada sekarang, merupakan tiruan dari yang asli, dan berisi banyak obyek-obyek seni dan dokumen-dokumen bersejarah yang berkaitan dengan keluarga Toyotomi dan Osaka pada masa lalu.

Pusat bisnis Osaka

Nakanoshima, berada di sebuah delta kecil di antara aliran Sungai Yodo dan merupakan pusat perkantoran. Di ujungnya terdapat Kuil Temmangu, yang dipersembahkan untuk Michizane Sugawara, seorang cendekiawan terkenal. Di dekatnya terdapat Tenjinbashi Shopping Street yang telah lama berkembang dengan menyediakan kebutuhan para peziarah dan pengunjung kuil. Berjalan-jalan di sepanjang lorong perbelanjaannya memberikan pemandangan sekilas keseharian penduduk lokal.

Tempat berkumpulnya makanan dan hiburan Osaka, Umeda/Namba

Tempat berkumpulnya makanan dan hiburan Osaka, Umeda/Namba

Untuk hiburan dan belanja, jangan lewatkan kawasan Umeda dan Namba. Umeda, berpusat di sekitar Stasiun Umeda, memiliki banyak tempat perbelanjaan bawah tanah yang modern, yang selalu penuh dengan pengunjung dan orang-orang yang berbelanja. Sesuai dengan reputasinya sebagai “kuidaore” (kesenangan para pecinta kuliner untuk berlebihan dalam memanjakan lidah mereka), Osaka benar-benar memuaskan para pecinta kuliner. Cicipi makanan Osaka yang populer seperti “yakiniku” (daging panggang), “fugu-nabe” (ikan fugu atau ikan buntal yang dimasak dalam panci), “sushi”, dan masih banyak lagi.

Kobe, kota pelabuhan yang eksotis

Kobe, kota pelabuhan yang eksotis

Kobe, 30 menit menggunakan kereta api dari Osaka, merupakan sebuah pelabuhan laut besar yang telah berkembang pesat sejak Restorasi Meiji dimulai pada tahun 1868. Sebagai sebuah kota perbukitan, Kobe memiliki banyak jalan setapak yang sempit dan berkelok-kelok naik-turun di perbukitan di kaki Pegunungan Rokko yang melatarbelakangi pemandangan kota ini. Sebagai salah satu pelabuhan utama Jepang, bersama dengan Yokohama, Kobe memiliki kawasan pemukiman orang asing yang menarik untuk dilihat-lihat sambil berjalan santai.

Kobe Port Tower (Menara Pelabuhan Kobe), menjulang setinggi 108 meter, dan menyala dengan indahnya pada malam hari. Di seberangnya terdapat Kobe Harborland, sebuah tempat di tepi laut yang baru berkembang. Pada malam hari, tempat ini ramai dengan kerumunan pengunjung yang ingin menikmati pemandangan malam hari yang terkenal di kota pelabuhan yang besar ini.

Benteng Himeji yang indah yang terpilih sebagai warisan dunia

Benteng Himeji yang indah yang terpilih sebagai warisan dunia

Obyek wisata utama lainnya di Jepang bagian barat berada di Kota Himeji. Benteng Himeji adalah salah satu dari benteng-benteng terindah yang ditemukan di negeri ini. Dengan jalan-jalan kecilnya yang berputar-putar di wilayah benteng sepanjang tembok berlapis pualam dan bangunan aslinya – yang dipelihara sebagai kekayaan nasional – kunjungan ke sini tidak boleh Anda lewatkan.

Benteng Himeji merupakan salah satu dari 4 situs warisan dunia di Jepang yang pertama kali didaftarkan pada bulan Desember 1993.

Tanah suci Koyasan tempat latihan Biksu Kukai yang mewakili Jepang

Tanah suci Koyasan tempat latihan Biksu Kukai yang mewakili Jepang

Untuk pengalaman yang benar-benar tak akan terlupakan, menginaplah di biara yang ada di puncak Gunung Koya, 2 jam menggunakan kereta api dari Osaka. Didirikan pada tahun 816 oleh Kobo Daishi, pelopor besar sekte Singon Buddhisme, biara ini memiliki 117 kuil, di mana 52 di antaranya menyediakan penginapan dan makanan vegetarian dengan harga yang terjangkau. Setiap tahunnya, biara ini dikunjungi oleh 1 juta peziarah.