shikoku
map

Laut Pedalaman/Shikoku

Pariwisata di pulau-pulau Seto-Naikai yang indah dan Shikoku

Rute “Shimanami-kaido” yang baru dibuka belakangan ini, menghubungkan pulau utama Honshu dan Shikoku dengan 7 jembatan yang luar biasa. Rute jalan bebas hambatan dan jembatan di atas Laut Pedalaman (Inland Sea) membentang dengan pemandangan fantastis yang tercipta dari laut biru dengan hamparan kapal dan perahu segala ukuran dan pulau-pulau kecil yang indah.


Laut Pedalaman

Laut Pedalaman

Laut Pedalaman, atau Seto-Naikai, dikelilingi oleh 3 pulau utama, yaitu Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Menyeberang dari pulau Honshu ke Shikoku sekarang menjadi sangat mudah dan menyenangkan, berkat rangkaian tujuh jembatan tersebut, di antaranya jembatan Seto Ohashi, Akashi-kaikyo Ohashi, dan Shimanami-kaido. Perahu dan kapal ferry juga beroperasi ke pulau Shikoku dari kota-kota seperti Osaka, Kobe, Hiroshima, Onomichi, dan Wakayama.

Laut Pedalaman, yang dikaruniai dengan pemandangan laut yang luar biasa indah dan iklim yang lembut, sangatlah tenang, damai dan indah. Lebih dari 600 pulau bertebaran di atas area seluas 8,200 km2. Berjalan kaki atau bersepeda di sepanjang rute “Shimanami-kaido” (total panjangnya 60km) sangat direkomendasikan, jika Anda ingin benar-benar menikmati keindahan pemandangan Laut Pedalaman. “Shimanami-kaido” merupakan rute wisata yang ideal karena ketujuh jembatan tersebut menghubungkan 6 pulau yang lebih kecil yang berada di antara Honshu dan Shikoku. Pemandangan pesisir yang sangat beragam merupakan perpaduan yang menarik dari berbagai pelabuhan kecil, desa-desa nelayan, ladang-ladang garam, dan tanah pertanian yang ditemukan di antara lereng-lereng pulau yang landai.

Naoshima Cultural Village (Desa Buday Naoshima) di Pulau Naoshima di Laut Pedalaman dapat dicapai kira-kira dalam waktu 1 jam 30 menit dari Okayama, dengan kereta api, kapal ferry, dan mobil. “Desa” ini memiliki museum seni kontemporer yang elegan dan arsitekturnya merupakan perpaduan yang harmonis dengan lingkungan alam pulau yang tenang.

Shikoku

Pulau Shikoku terdiri dari empat prefektur, dan setiap ibukota prefekturnya dahulu merupakan kota benteng. Keindahan alam yang digambarkan oleh Pesisir Laut Pedalaman yang indah dan Pesisir Samudera Pasifik yang dinamis menonjolkan obyek wisata Pulau Shikoku. Akses ke sini telah menjadi sangat mudah sejak bus langsung mulai beroperasi akhir-akhir ini, antara kota-kota besar di wilayah Kansai yang ada di Honshu dan kota-kota besar di Shikoku.

Prefektur Kagawa/Kota Takamatsu

Prefektur Kagawa/Kota Takamatsu

Takamatsu, 1 jam menggunakan kereta api dari Okayama, merupakan pintu gerbang utama ke Shikoku dari Honshu, dan titik keberangkatan yang nyaman untuk berkeliling di pulau ini. Takamatsu memiliki banyak obyek wisata yang patut dilihat. Taman Ritsurin adalah salah satu taman tradisional terbaik di daerah ini. Dibuat sekitar 350 tahun yang lalu di lokasi sebuah villa yang dimiliki oleh klan Matsudaira.

Prefektur Kagawa/Kota Takamatsu

Sanuki Udon terkenal sebagai makanan khas di Prefektur Kagawa. Ada banyak restoran lebih dari 800 tempat. Udon yang sedap dan murah ini masih tetap membudaya di Kagawa.

Prefektur Ehime/ Kota Matsuyama

Prefektur Ehime/ Kota Matsuyama

Matsuyama, kota terbesar di Shikoku, 2 jam 40 menit menggunakan kereta api ekspres terbatas dari Takamatsu, atau 1 jam menggunakan kapal dari Hiroshima atau Kure. Benteng Matsuyama adalah salah satu benteng terbaik negeri ini yang dilestarikan. Selain itu, terdapat Dogo Spa, 20 menit dengan kereta api dari Matsuyama, salah satu yang tertua di Jepang.

Prefektur Kochi

Prefektur Kochi

Kochi, 2 jam 20 menit menggunakan kereta api ekspres terbatas dari Takamatsu, adalah ibukota prefektur dari lahan pertanian yang makmur dan daerah perikanan di sepanjang pesisir selatan Shikoku. Pesisir barat dayanya ditunjuk sebagai taman nasional dan menawarkan berbagai obyek wisata udara terbuka mulai dari scuba diving hingga melihat ikan paus.

Prefektur Tokushima

Prefektur Tokushima

Prefektur Tokushima dapat dicapai dari wilayah Kansai dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit menggunakan bus ekspres. Ibukotanya, yaitu kota Tokushima terkenal dengan festival tari Awa-Odori yang diadakan pada setiap musim panas. Naruto, 40 menit dengan kereta api dari Kota Tokushima, terkenal dengan pusaran air raksasanya yang berada di Selat Naruto yang sempit. Agar bisa melihat pusaran air tersebut dengan lebih mengasyikkan dan lebih dekat, pesan perjalanan Anda dengan kapal wisata.