Perbelanjaan

Jepang & Surga Belanja

Di Jepang, banyak terdapat barang yang berasal dari seluruh dunia, dan barang Jepang yang unik dan bermerek. Dengan melemahnya Yen, belanja jadi makin asyik. (Agustus 2013).

Perbelanjaan


Merek Jepang yang terpercaya

Barang bermerek Jepang seperti mobil, kosmetik, kamera dan sebagainya barang kali tidak asing lagi di Indonesia. Barang bermerek seperti ini di Jepang ada berbagai macam dan lebih murah harganya daripada di Indonesia. Kalau datang ke Jepang, bisa membeli barang bermerek yang diinginkan.

Ginza dan belanja yang sebenarnya di Jepang

Ginza yang ada di Tokyo selain menjadi pusat perbelanjaan di mana pemilik merek ternama di seluruh dunia membuka toko unggulannya, juga menjadi tempat berkumpulnya show room merek jepang terkemuka. Di Ginza juga banyak terdapat department store, sehingga benar-benar menjadi daerah pusat belanja di Jepang

Toko yang terkenal di kalangan turis manca Negara.

Toko yang terkenal di kalangan turis manca negara di antaranya adalah Tokyu Hands dan LOFT yang koleksi aneka barang dan peralatannya lengkap, Mujirushi Ryohin yang desainnya sederhana, Uniqlo dengan koleksi pakaian kasual yang harganya terjangkau namun fungsional dan desainnya keren, serta Tower Records yang koleksi CD musik Jepang maupun dunianya lengkap.

Belanja yang pintar

Di Jepang untuk belanja barang yang tidak murahpun, ada cara agar dapat membeli dengan harga yang masuk akal.

Kebanyakan toko 100 Yen di Jepang menjual berbagai macam barang dengan harga sama, yakni 100 Yen. Selain itu, di toko obat Matsumoto Kiyoshi, obat-obatan dan kosmetik dapat dibeli dengan harga murah. Agar bisa mendapatkan buku, majalah, dan komik Jepang dengan harga murah, marilah kita membelinya di toko buku bekas. Di seluruh daerah di Jepang terdapat chain store buku bekas yang dinamakan Book Off, yang mana buku Jepang dapat dibeli dengan harga mulai dari 105 Yen sampai dengan sekitar 50% dari harga barunya.

  • Kamera Umumnya kamera seperti kamera SLR maupun kamera kompak bermerek Jepang. Di toko elektronik besar seperti Bic Camera dan Yodobashi Camera, kebanyakan barang yang dijual dapat dicoba dulu sebelum membeli.
  • Fashion Di Tokyo, toko pakaian untuk kaum muda banyak terdapat di Shibuya, Harajuku dan Shimokitazawa. Sedagkan untuk yang lebih dewasa, dapat dijumpai di Omotesando dan Ginza. Selain itu, department store dan gedung fashion berjajar di Shinjuku dan Ikebukuro, sehingga sangat praktis kalau mau belanja fashion terbaru.
  • Barang khas Jepang Produk tradisional Jepang seperti kipas lipat, handuk, kain pembungkus Jepang, dan yukata merupakan barang yang disarankan untuk dibeli. Barang-barang tersebut dapat diperoleh di seluruh Jepang, dan di Asakusa dapat pula dijumpai produk tradisional Jepang seperti ini.
  • Outlet Mall Beberapa tahun terakhir, di Jepang jumlah outlet mall besar yang mana barang bermerek terkemuka dapat dibeli dengan harga diskon semakin banyak. Outlet mall Gotemba di dekat Gunung Fuji terkenal, akan tetapi banyak juga yang lainnya seperti premium outlet Kisarazu yang mana aksesnya mudah dari Bandara Haneda, Shisui di dekat Bandara Narita, dan sebagainya.

Tautan yang berguna