Mari menikmati olahraga di Jepang

Menonton dan mencoba olahraga

Di Jepang terdapat berbagai macam olahraga, mulai dari olahraga profesional yang bisa kita tonton seperti bisbol, sumo, olahraga pertarungan, dan sepak bola, hingga olahraga yang bisa kita coba. Jangan lewatkan olahraga musim dingin seperti ski dan snowboarding.

Mari menikmati olahraga di Jepang


Olahraga profesional yang asyik untuk ditonton

sports

Pertandingan akbar sumo yang merupakan olahraga nasional Jepang diadakan 6 kali setahun, di antaranya bertempat di Ryogoku Kokugikan (Tokyo), Osaka, Nagoya, dan Fukuoka. Pada pertandingan akbar sumo tersebut, diadakan pertandingan (torikumi) setiap hari selama 15 hari. Peringkat (banzuke) pesumo ditentukan berdasarkan kalah/menangnya pesumo dalam pertandingan tersebut. Juara sumo, yakni Yokozuna, adalah sebutan yang sangat terhormat.

sports

Ada dua liga bisbol profesional di Jepang dengan 12 regu bisbol yang bermain. Pertandingannya diadakan mulai akhir Maret sampai awal Oktober setiap hari, kecuali hari Senin, di berbagai lapangan bisbol di seantero Jepang. Bisbol yang ditonton langsung di lapangan yang luas benar-benar menegangkan.

sports

J-League merupakan liga sepakbola profesional di Jepang. Di Jepang sepak bola juga populer dan belakangan ini makin banyak pesepak bola Jepang yang aktif bermain di liga profesional di luar negeri. Selama musim J-League (Maret-Desember), pertandingan diadakan terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

Mencoba olahraga

Menjajal olahraga musim dingin

sports

Bila Anda ke Jepang, cobalah olahraga musim dingin seperti ski dan snowboarding. Periode terbaik untuk menjajal olahraga musim dingin adalah bulan Desember hingga Februari. Anda dapat menyewa pakaian dan peralatan ski dan snowboarding sehingga Anda tinggal datang saja ke tempat ski. Ada juga tempat-tempat yang menawarkan kelas ski sehari dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

sports

Carilah informasi tentang tempat-tempat ski tersebut! Bila Anda merasa ski atau snowboarding sulit, Anda bisa menggunakan ban sebagai kereta luncur dan menjajal snow tube (ban luncur) atau snow buggy (kendaraan salju) di lereng salju.

Menjajal bersepeda

sports

Sepeda amatlah nyaman untuk menikmati pemandangan kota dan alam di Jepang dengan santai. Cobalah menyewa sepeda bila Anda berada di dekat guest house atau toko rental sepeda. Tidak sedikit pula daerah sungai dan danau yang dilengkapi dengan jalur sepeda. Banyak jalur sepeda yang menarik, seperti jalur sepeda Setouchi Shimanami Kaido yang memungkinkan Anda bersepeda di atas laut, melewati jembatan yang menghubungkan Shikoku dan Honshu.